20160715

Once in three years.

Assalamu'alaikum!
HEEELLOOOO! *a la Marcus Butler*

Jadi sekarang gue baru aja balik dari Bandung, guiisseee! Kay, kay, gue udah pernah bilang di post-an mudik gue tahun 2013 lalu kalau setiap 3 tahun sekali mudik/liburan gue berkesan banget. Dan yapp! Just like the title said, once in three years! Sekarang udah 3 tahun semenjak 2013. Which means.. I have another great story to tell!!


Jadi, ngikutin tradisi setahun yg lalu, my family choose to go at the night of the 29th fasting day, katanya sih mengurangi macet gitu terus enak kalo malem macet juga adem ga kemrungsung (kalo km Javanese, you'll surely know.) dan tol Bks-Bdg super normal sob! ga macet samsek. Gue berangkat bareng keluarga gue dan Teh Icha sama nyokapnya. For those of you who reads my previous mudik post, pasti tau Teh Icha itu siapa.

Yak, jadi koper dan bawaan keluarga gue sebelumnya udah dianter sama nyokap gue ke Bdg, biar dibawa sama Teh Ninda karena mobil doi adl kolbak, kolbak is a pick-up truck. Karena mobil gue udah sempit sama orang. Gue nyobain makanan enak lagi guys.. kue lebaran cornflakes gitu tapi enak banget sumpah.. dan gue tau gue ga bakal bisa makan itu lagi. Wow sob, gue lewat jalan yg anti macet gitu deh, gue ga lewat Nagreg, Rajapolah, dll.

Bye teman-teman macet ku.


And you know its mudik when you had SOTR with your entire family.. Terus naik ke kampung gue sekitar jam set6, masih banyak banget kabut uuwww keren tapii! Dan dingin ehe. Ya, yg add snapchat gue pasti lihat kok wkwkw :) Earliest in history, gue nyampe di kampung gue jam set7.. kalo dipikir-pikir dulu pea juga ya, mudik siang dan lewat jalur macet. Huft.

Di kampung biasa aja sih, normal activities, but this time.. no kolang-kaling pake Fanta for ifthar.. :( kinda miss that menu eventho gue sama Teh Ninda suka mengejek menu andalan nyokap gue dan kakak-kakaknya. Then.. besoknya lebaran, yaudah biasa aja.
Yang paling ditunggu sih, adventure yaa.. karena katanya adventure sekarang mau ke Goa gituh. Jadi awalnya mau ke Goa yg di Karangsoak cuma katanya ada macan tutul lg beranak, padahal itu goa dalemnya air terjun bagus dan buat masuknya harus kayak berenang dulu.. Huft. Maybe next time.

Dan akhirnya kita pergi ke Goa yg ada di... entah desa apa ya, sumpah jauh banget. Gue ke sana kaya touring sama Teh Icha, udah gitu cuma bermodal motor B*at dan jalannya jelek banget! Gue bikin vlog di jalan biar lucuuuk! Sekitar zuhur gue berhenti di checkpoint yg pertama.

our first stop!

Dari situ lanjut perjalanan sekitar 1 jam 30 menit kali ya.. anjir ini pegel banget duduk mulu. Daaan gue lewat jembatan gantung naik motor!! Gue baru pertama kali dan itu serem banget menurut gue wkwk.

Akhirnya gue nyampe di desa entah apa itu, dan gue berhenti dulu di rumah orang, kenalannya sodara gue, entah gimana sih ya, sodara gue ada aja kenalannya dari ujung ke ujung. Gue seneng, banget, karena di rumah itu semua ga fake, you wont find T*ngo isi seroja, you wont drink Sp*ite isi air putih. Everything's real!! Sebelum ke goa, gue dan squad diceramahin dulu tentang keagamaan dan sejarah goa, terus kuncen nya cerita how many people from outside this city or country has visited. And I'm amazed.
Katanya sih ada dari Thailand wkt itu, terus dari Kep. Natuna.. yah gitu deh. Terus cerita-cerita tentang niat orang2 yg "menyimpang" ketika masuk goa. I'm not really paying attention krn ga sabar masuk goa ehehe.

Dari rumah itu kita jalan sekitar 10 menit, ga jauh lah.

Ituu goa nya di kiri bawah ya gengs!
Liat kan mulut goa nya di sebelah mana? And yes! kita harus masuk lewat situ dengan badan bungkuk. Oiya, btw, nama goa nya adl Ranggawulung. Ranggawulung yah, bukan Ranggacinta.

Ini pemandangan baru masuk goa nya, itu yg bercahaya bukan tempat masuk, ventilasi gituh.
Akhirnya kita jalan naik turun batu-batuan, licin dan banyak kotoroan kelelewar yg kita injek, terus di atas kita banyak banget kelalawar. I'm thinking this to be an exact location for the next BatCave. Stalagmite and stalactite are everywhere!






Jadi di goa ini ada yg jalannya ke atas dan ke bawah, terus kita ga sampe ujung becos no one fuckin knows where's the end. Goa ini tuh panjang gitu dan ada tempat yg belom diexplore jadi kita ga boleh lewat. Biasanya suka ada yg nginep juga sekitar 3 hari. Dan yg paling cute adl di tempat ini ada beberapa lubang di atas kepala, yg mana kalo kepala lo masuk tanpa jinjit dan dipendek-pendekin, tandanya lo bakal dapet good luck gitu. Ada sekitar 10 lubang kali ya. Ada tempat yg biasa dipake semedi juga, ya gue sih rada males nginep, becos karena sebab... kan pasti tidur di bawah, terus kalo ada serangga gitu gimana... huft.. jiwa ku penakut :( Dan katanya kalo kita bener-bener pengen tighten our relationship sm Tuhan di goa ini, pulang-pulang kita bakal dapet pencerahan gituh.

Kita di goa sekitar 45 menit. Merenungi kehidupan katanya mah. Mengagumi keagungan Tuhan. Oke. Akhirnya kita balik lagi ke rumah yang tadi, terus sama kuncen nya ditanya "tadi liat apa di dalem? kamu keliatan kayak dapet petunjuk gak?"
my answer; I saw a really good filming location. Kayak Journey to the Center of the Earth tahun 1959, then gue imagine kalo di situ rame sama crew-crew gitu buat bikin film! Ah mantap betul
the rest of the team; ga liat apa-apa. oke guys oke.
ditanya lagi; tadi langit-langit nya keliatan warna apa?
Mas Io's answer; putih
the rest of the squad; krem
Ya jadi itu beda-beda buat setiap orang, tergantung mereka liatnya apa.

When clock strikes 4 pm, we're leaving. Pas pulang kita lewat jalan yg beda tapi ada jembatan gantung jugakk! Dan ini dulunya pas masih kayu dan rapuh pernah dilewatin pake motor pas mudik tahun berapa gitu. Hamdalah sekarang udah dibenerin dan udah bagus dan instagram-able banget kalo sore!




captionnya sih; capturing the beauty.
Ngomong-ngomong itu tanda lope yah yg di jari. Ala-ala Koriya gituh.
@ San Fransisco Bridge 
Nah pas pulang lewat sawah deket rumah kok ngerasa ini bagus banget ya kalo sunset, akhirnya kita foto-foto dulu wakaka tapi emang bener bagus dan how come we've never realized??

Lucu banget kan ada Lavender gitu.. :(

Yak ini terbaik karena ada ibu-ibu lewat. Makasih bu.
Nyampe-nyampe hampir maghrib, dan sangat pegal. Terus besoknya panggil tukang pijet andalan se kampung. Jadi pas hari Jumat malem sekitar jam 10-an, pas gue lagi cerita-cerita sama Teh Ninda, tiba-tiba ngerasa lampu kaya mati karena laron, then gue ngeliat Teh Laras keluar dari kamar kaya panik gitu nutupin celana, gue kira karena emang di ruang TV itu ada Om Firman makanya dia kayak buru-buru gitu. Abis itu kok lampunya kaya mati sejenak lagi, dan gue ngerasa rahang gue getar, at the same time, Teh Ninda bilang "Nad gempa!" gue ga nyadar sama sekali, gue liat Teh Ides lari keluar kamar dan gue jg ikut panik BECAUSE I LITERALLY FEEL MY JAW SHAKEN.


Pas gue udah napakin kaki, anjir gempa beneran! Gue ngibrit keluar, dan lupa malah ninggalin adek gue di dalem main iPad, akhirnya kita semua keluar. Then gempa nya berhenti. Cuma sekitar beberapa menit, sumpah ya.. sebelum gempa itu gue mau bring out topic "Teh inget ga waktu gempa Tasik 2009 lo lagi gambar Shaun the Sheep?" dan gempa beneran :) gue panik af, karena itu pertama kalinya gue ngerasa gempa bener-bener.

Yup, everything's fine setelah itu. Gue pulang hari Sabtu siang dan lewat PLTG sama Kawah Kamojang gituu deh bagus banget! Dan anti macet tentunya. Hehe.


No comments:

Post a Comment