20151018

Boyhood (2014) review

Assalamu'alaikum wr wb.
So I found this classic love & hate movie called "Boyhood" yang dapet rating lumayan gede di IMDb yaitu 8/10.


A very simple synopsis IMDb has write. Kurang lebih begini yang tertulis di IMDb:
"The life of Mason, from early childhood to his arrival at college."

Bisa liat kan di poster film nya ada tulisan "A moving 12 year epic.
At first, gue gak terlalu ngerti maksudnya apa until gue minta pendapat temen-temen grup yang isinya sama-sama movie lover, reviewer, and those who loves to criticize. Butuh pendapat temen-temen grup dulu sama nonton sampai menit ke 46-an untuk ngerti maksud a moving 12 year epic itu apa.

Bagi sebagian orang, termasuk gue, baca sinopsis kayak gitu sih udah kebayang ya jadinya film gimana and here's what I thought:
Paling juga film 1 jam 30 menit isinya tentang cerita cowo dari kecil sampai besar terus nanti dia begini dan begitu kayak film drama yg lain. Nanti paling ketemu cewe pas dia udah besar, atau ga pas SMP dia dibully. But I was wrong.

Dan ternyata, film ini melakukan produksi selama 12 tahun! Untuk pengembangan karakter nya dari bocah sekitar umur 6 tahun sampai sekitar 19-20 an lah pas kuliah, dari pas suara nya masih cempreng sampai berat, dari pas masih hanging onto his mom's arm sampai jadi lelaki yeaa haha.
Dan semua itu dilakukan dengan pemeran yang sama, begitu kita liat film yang kurang lebih sinopsis dan jalan cerita nya agak sama kita bakal mikir kan pemerannya beda-beda? Tulisan pemeran nya pasti young X atau older X dan semacamnya. 

Tapi pas gue liat film ini kenapa pemerannya sama semua ya padahal kan dia grow up dan yea ternyata 12 tahun itu. Really amazing, new experience in cinema.
Untuk plot pacing ga terlalu lama dan ga terlalu cepat, bagus sih, per-umur tuh bisa sekitar 15-20 menit an kalau gak salah.
Mungkin buat Anda yang gak suka atau kurang suka dengan drama akan menganggap film drama berdurasi 3 jam ini cukup membosankan, tapi kalau suka drama ya pasti suka banget deh sama Boyhood ini dan mungkin akan beramsumsi ini adl film drama terbaik haha.

Drama perkembangan hidup, gimana engga? Perubahannya dinamis, no lack in transition pas perubahan umur dari sekian ke sekian. Cerita yang gak terlalu bisa ditebak sih, dugaan gue di atas salah semua tuh wkwk,

Ibu nya awalnya cerai sama ayahnya, dugaan pertama gue sih MBA ya jadi sang Ibu cuma bisa ngurus 2 anak nya sendirian, tapi gue ga tau pasti juga MBA atau emang cerai biasa. Terus ibu nya nikah lagi sama dosen kampus nya yang udah rada tua, cruel and violence gitu deh sama keluarga nya, dan cerai lagi. Hingga Mason (Ellar Coltrane) dan Samantha (Lorelei Linklater) harus pindah dari Texas ke tempat-tempat lain, punya papa yang beda-beda, film ini dari segi sinematografi -or well I don't know how to say this- lebih ke dokumenter harian gitu sih.
Dari awalnya sang Ibu putus kuliah gara-gara ngurusin anaknya, kemudian kuliah lagi dan nikah sm dosen nya, dia cerai dan jadi dosen trus pinter banget.
Mason? He's just growing up kayak remaja lainnya, so does Samantha. The story is sort of unpredictable, just like life itself.

Malah kalau kata salah satu temen gue di grup
"Kalo udah biasa nonton film keluarga tipikal hollywood yang tensinya naik turun en punya pola plot yang predictable pasti bakal ngerasa aneh dan ga doyan ama film ini, karena di kepalanya memang udah kebentuk ekspektasi tertentu."
Yes! Benar sekali. Di film ini gak ada klimaks nya layaknya film-film drama keluarga yang tensi nya naik turun seperti yg dikutip sama temen gue.

Ada review orang bilang kalau film ini bagusnya namanya Family atau Motherhood aja, but I disagree.
Karena yang pertama, indeed, ini film drama yang banyak family-material nya, tapi dari segi cerita, kita lebih melihat si Mason nya yang grow up. Unsur keluarga ada, tapi yg lebih mendominasi adl cerita hidup Mason itu sendiri.
Kedua, Motherhood, ini bukan ttg ibu, walau sang Ibu merupakan titik dorong utk anaknya yg bertumbuh dan lumayan mendominasi, tapi kita balik lagi ke segi cerita.

Bagus, film ini sangat menunjukkan dedikasi kru dan sutradara itu sendiri dalam proses produksi, 12 tahun produksi merupakan nilai plus dari film ini. Dan lagi, ini bukan series, ini ada di satu film.
Apalagi kalau suka karya Linklater seperti trilogi Before, pastinya akan open dengan karya yang ini.

8.1/10 untuk Boyhood :) I am really amazed by Linklater's work.
RT, Metacritic and Telegraph juga ngasih rate yang sempurna utk film ini.



Wassalamu'alaikum wr.wb.



No comments:

Post a Comment